Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Inhil Angkat Potensi Kopi Liberika Lewat UMKM Expo 2024

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, berkomitmen mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui UMKM Expo Inhil 2024.
Kopi Liberika asal Indragiri Hilir
Kopi Liberika asal Indragiri Hilir

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, berkomitmen mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui UMKM Expo Inhil 2024, yang diselenggarakan oleh Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Inhil bersama Pemerintah Daerah dan Yayasan Mitra Insani.

Penjabat Bupati Inhil Erisman Yahya menyatakan kolaborasi ini merupakan langkah penting untuk memperluas jaringan produk UMKM Inhil. 

"Tembilahan adalah kota yang hidup di malam hari, ini membuka peluang besar bagi UMKM untuk berkembang. Kolaborasi ini juga bertujuan memperkenalkan lebih banyak produk lokal ke pasar yang lebih luas," ujarnya, Selasa (22/10/2024).

Selain fokus pada produk kelapa sebagai komoditas unggulan Inhil, UMKM Expo 2024 juga menyoroti potensi kopi Liberika, yang ditampilkan melalui Lomba Barista. 

Saat ini kopi Liberika yang tumbuh di tanah gambut dan rawa di Inhil semakin diperkenalkan sebagai produk khas daerah tersebut. 

Ketua BPC HIPMI Inhil, Ardiansyah Julor, menjelaskan program ini telah melibatkan 13 desa dalam pengembangan kopi Liberika, dengan HIPMI mendampingi prosesnya dari pemberian bibit hingga pemasaran biji kopi.

"Lomba Barista ini adalah upaya kami mengenalkan lebih jauh bagaimana Kopi Liberika bisa diolah dengan cara yang menarik, sehingga dapat meningkatkan minat pembeli," ujarnya.

UMKM Expo Inhil 2024 yang berlangsung hingga 26 Oktober, juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti bazar UMKM, temu bisnis, culinary space, pameran produk, malam hiburan, dan penampilan musik yang diharapkan dapat mendorong eksistensi UMKM Inhil serta memperkuat ekosistem ekonomi lokal.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper