Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda Sumbar Siapkan 6.852 Personel Amankan Pilkada 2024

Polda Sumatra Barat menyiapkan 6.852 personel untuk melakukan pengamanan selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.
Kegiatan simulasi pengamanan kota (Sispamkota) Pilkada Serentak 2024 di Kota Padang  Panjang, Sumatra Barat, Senin (26/8/2024)./Ist-Polda Sumbar.
Kegiatan simulasi pengamanan kota (Sispamkota) Pilkada Serentak 2024 di Kota Padang  Panjang, Sumatra Barat, Senin (26/8/2024)./Ist-Polda Sumbar.

Bisnis.com, PADANG - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat menyiapkan 6.852 personel untuk melakukan pengamanan selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Suharyono mengatakan 6.852 personel itu akan melakukan tugas pengamanan operasi selama 113 hari dimulai dari 27 Agustus 2024 sampai dengan 19 Desember 2024.

"Jadi untuk 6.852 personel itu tergabung dengan jajaran personel seluruh Polres di Sumbar dan jajaran personel Polda Sumbar," katanya, Senin (26/8/2024).

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 ini, Polda Sumbar siap untuk melakukan pengamanan, meski secara umum kondisi politik di Ranah Minang masih tergolong aman.Kapolda berharap agar masyarakat turut membantu kepolisian dalam pengamanan dan bisa mewujudkan kondisi pemilu yang kondusif.

Terpisah, Polres Padang Panjang juga melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Singgalang dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak 2024.

Kapolres Padang Panjang AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro turut menekankan kepada seluruh personel yang bertugas, untuk pentingnya kesiapan secara optimal selama operasi yang dilaksanakan 113 hari yang dimulai sejak 27 Agustus 2024. 

"Setiap personel harus menjalankan tugas dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab. Tetap mengutamakan pelayanan kepada masyarakat dan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama Operasi Mantap Praja bergulir," katanya dalam keterangan resmi.

Bahkan Polres Padang Panjang turut melakukan  simulasi pengamanan kota (Sispamkota) Pilkada 2024. Pada simulasi itu, sebanyak 153  personel Polres Padang Panjang dan dua pleton (60 personel) Brimob dengan berbagai perlengkapan dikerahkan. 

Menurutnya Sispamkota juga sebagai bentuk melihat sejauh mana kesiapan personel bila menghadapi kondisi-kondisi yang tidak diduga selama pengamanan Pilkada Serentak 2024.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra menyampaikan kesiapan yang diperlihatkan jajaran personel Padang Panjang itu patut diapresiasi.Dia menyebutkan ada kemungkinan suhu politik meningkat hingga 27 November mendatang pada Pilkada Serentak 2024 nanti. Untuk itu sangat dibutuhkan upaya menyukseskan pemilu dari sisi keamanan.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Padang Panjang bahu-membahu menyukseskan pelaksanaan pilkada ini, dengan tertib, aman, dan damai," harap Sonny.

Menurutnya Pilkada Serentak 2024 adalah momentum penting bagi demokrasi. Makanya sangat diharapkan sinergi yang kuat antara pemerintah, kepolisian dan seluruh lapisan masyarakat. "Kami yakin dapat menciptakan suasana yang kondusif sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan lancar dan aman," sebutnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper