Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toba Pulp Lestari Intensifkan Kemitraan dengan Masyarakat

Perseroan mengharapkan program kemitraan kehutanan yang dijalankan ini dapat turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi.
Pabrik PT Toba Pulp Lestari./Istimewa
Pabrik PT Toba Pulp Lestari./Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Perusahaan pulp and paper PT Toba Pulp Lestari Tbk. mengintensifkan kemitraan dengan masyarakat di sekitar kawasan hutan tanaman industri.

Direktur Perseroan, Jandres Silalahi, menjelaskan perseroan memprioritaskan kemitraan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bentuk kerja samanya berupa program tanaman kehidupan, tumpang sari, pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM), dan kerjasama hasil hutan bukan kayu (HHBK).

"Perseroan mengharapkan program kemitraan kehutanan yang dijalankan ini dapat turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar areal kerja perseroan," ujarnya dalam rilis, Jumat (21/10/2022).

Perusahaan yang melantai di bursa saham berkode INRU ini telah bermitra dengan 13 kelompok tani hutan, dua koperasi dan satu kelompok masyarakat dengan total 893 kepala keluarga. Mereka tersebar di Kabupaten Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Simalungun.

Kemitraan mencakup program penanaman Hail Hutan Bukan Kayu (HHBK) seluas 1.753 Ha, tumpang sari, dan UMKM.

Sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi, perseroan telah melakukan kerja sama penanaman eucalyptus dengan sistem bagi hasil seluas 12.755 Ha yang dikerjasamakan dengan 2.824 KK.

Dalam menjalankan kegiatan operasional, mulai dari persiapan lahan, penanaman, perawatan tanaman, pemanenan dan pengangkutan kayu ke pabrik sepenuhnya dilakukan oleh mitra kerja lokal yang berasal dari masyarakat sekitar areal kerja perseroan. Adapun jumlah tenaga kerja dari para mitra lokal berjumlah sekitar 7.726 orang.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper