Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Kelestarian Sungai, Pemkab Siak Tebar 20.000 Benih Ikan Patin

Pemerintah Kabupaten Siak berharap aksi penebaran benih ini menjadi contoh bagi daerah lain.
Pemkab Siak menabur benih ikan/istimewa
Pemkab Siak menabur benih ikan/istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU-- Pemkab Siak Provinsi Riau melaksanakan aksi pelestarian lingkungan dengan menabur 20.000 benih ikan patin ke Sungai Siak.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ekosistem sungai yang semakin rentan akibat aktivitas manusia dan penurunan populasi ikan.

Pjs Bupati Siak, Indra Purnama, menegaskan bahwa penebaran benih ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap kondisi Sungai Siak. 

"Kita tahu, ikan patin di Sungai Siak atau Sungai Jantan ini, populasinya terus berkurang. Pada perayaan HUT Siak ke-25 ini menjadi momentum untuk merawat Sungai Siak dan menjaga keanekaragaman hayati di dalamnya," ujarnya Kamis (10/10/2024).

Indra juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga kelestarian sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menggunakan racun dalam menangkap ikan. Dia berharap penebaran benih ini bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat, terutama para nelayan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman, menambahkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan roadmap Siak Kabupaten Hijau yang tengah disosialisasikan pemerintah. Dia menekankan pentingnya melestarikan ikan khas Sungai Siak yang semakin sulit ditemukan. 

"Dengan penebaran benih ini, diharapkan dapat menjadi sumber ekonomi bagi warga nelayan serta membantu pencegahan stunting melalui konsumsi ikan sungai yang kaya nutrisi," jelas Arfan.

Pemerintah Kabupaten Siak berharap aksi penebaran benih ini menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kualitas sungai untuk kesejahteraan masyarakat dan generasi mendatang.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper