Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PHR Tingkatkan Keandalan Operasi Lewat Pengembangan Teknologi Metaverse

PHR bersama PCR merancang platform serta modul pelatihan keamanan dan keselamatan bagi pekerja dan mitra kerja di Blok Rokan.
Pekerja berada di dekat pompa angguk atau pump unit Lapangan Duri PT Pertamina Hulu Rokan, Bengkalis, Riau pada Selasa (9/7/2024). / Bisnis-Wibi Pangestu Pratama
Pekerja berada di dekat pompa angguk atau pump unit Lapangan Duri PT Pertamina Hulu Rokan, Bengkalis, Riau pada Selasa (9/7/2024). / Bisnis-Wibi Pangestu Pratama

Bisnis.com, PEKANBARU-- PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggandeng Politeknik Caltex Riau (PCR) untuk mengembangkan teknologi Metaverse guna mendukung keandalan operasi Blok Rokan.

EVP Upstream Business PHR WK Rokan Andre Wijanarko mengatakan pihaknya merasa bangga dapat berkolaborasi dengan dunia pendidikan dalam pengembangan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). 

“Ini merupakan suatu perjalanan dan terobosan baru dalam pengembangan teknologi terkini yang akan mentransformasi metode pelatihan bagi para pekerja lingkungan PHR WK Rokan,” ujarnya Rabu (9/10/2024).

Dia menyebutkan pelatihan melalui Mixed Reality ini menawarkan banyak manfaat bagi PHR, terutama mengingat sifat industri yang memiliki risiko tinggi dan kompleks.

Melalui teknologi ini, PHR bersama PCR merancang platform serta modul pelatihan keamanan dan keselamatan bagi pekerja dan mitra kerja di Blok Rokan. 

PCR sebagai salah satu institusi pendidikan dengan kapasitas dan kapabilitas yang sangat memadai dinilai tepat untuk menjadi mitra strategis dalam pengembangan teknologi metaverse. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) PHR terhadap dunia pendidikan.

“Dengan kerja sama ini PHR dan PCR bisa saling bersinergi dalam mendukung kebutuhan WK Rokan terutama Virtual Reality dan Augmented Reality. Teknologi yang akan dijalankan ini diharapkan dapat mempermudah modul-modul pelatihan sehingga dapat divisualisasikan dengan baik,” tukas Andre.

Teknologi metaverse menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan produktivitas dalam berbagai aspek operasi migas. Terutama dalam keselamatan kerja. 

Lewat teknologi ini, pelatihan menjadi lebih efektif dan simulasi lingkungan kerja memungkinkan peserta pelatihan untuk mengalami dan merespons situasi bahaya dalam lingkungan yang terkendali dan bebas risiko. Hal ini membantu mereka mempelajari protokol keselamatan secara efektif tanpa bahaya kecelakaan di dunia nyata.

“Visualisasi dan digitalisasi ini sangat membantu dalam menjaga keandalan operasi di WK Rokan. Dengan digitalisasi ini diharapkan para pekerja akan lebih interkatif, lebih memahami dan mengenal peralatan dan risiko, begitu pula dalam pemeliharaan aset-aset milik negara,” katanya.

Dalam hal ini, PHR bersama PCR akan mengembangkan dua belas modul pelatihan antara lain: simulasi operasi lapangan, operasi pengangkatan keselamatan di lingkungan operasional, pemecahan masalah dalam pengoperasian sumur, latihan darurat dalam operasi serta keamanan pada aktivitas ruang terbatas.

Direktur PCR Dadang Syarif Sihabudin Sahid menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PHR karena telah melibatkan PCR dalam pengembangan teknologi metaverse.

“Kami sangat berterima kasih diberikan kesempatan bekerja sama oleh PHR terhadap tantangan ini. Tentunya ini akan menambah kepercayaan diri dan pengetahuan bagi kami baik mahasiswa, alumni maupun dosen di PCR,” ucapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper