Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tumbuhkan Ekonomi Daerah, Sumbar Kini Punya Perusahaan Transportasi Online

Dengan telah meluncurnya RCdrive, bisa memberikan peluang berusaha dan kerja sama bagi pengembangan usaha makro dan mikro.
Owner PT Negeri Sejuta Pesona (Rcdrive) Rodi Chandra (kiri) bersama Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar saat meluncurkan RCdrive di Kota Painan, Sumatra Barat, Selasa (24/9/2024). /Istimewa
Owner PT Negeri Sejuta Pesona (Rcdrive) Rodi Chandra (kiri) bersama Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar saat meluncurkan RCdrive di Kota Painan, Sumatra Barat, Selasa (24/9/2024). /Istimewa

Bisnis.com, PAINAN - Perusahaan transportasi online yang dikenal dengan RCdrive yang merupakan karya anak daerah di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, resmi diluncurkan pada Selasa (24/9/2024).

Owner PT Negeri Sejuta Pesona (RCdrive) Rodi Chandra menceritakan awal mula perusahaan transportasi onlinenya itu, dimana telah dirancang sejak tahun 2019.

"Butuh waktu untuk mempersiapkan semua ini, sehingga sampailah pada peluncuran. Artinya aplikasi RCdrive sudah bisa digunakan untuk membantu memudahkan transportasi online, tidak hanya soal ojek online, tapi juga ada jasa atau pelayanan lainnya yang bisa digunakan di RCdrive," katanya, Selasa (24/9/2024).

Sosok Rodi ternyata bukanlah orang sembarangan. Kendati lahir di Kabupaten Pesisir Selatan, dia melakukan perjalanan yang panjang dalam jenjang pendidikannya di perguruan tinggi.

"Saya menempuh banyak berbagai pendidikan di perguruan tinggi. Nah, dari ilmu dan pengetahuan saya miliki, maka terbentuklah RCdrive ini," katanya, Selasa (24/9/2024).

Dikatakannya seiring telah diluncurkannya RCdrive itu, ada sejumlah rencana besar yang dipersiapkannya, yakni tidak hanya beroperasi di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan saja, tapi RCdrive juga direncanakan bakal mengaspal di seluruh Indonesia.

Menurutnya salah satu hal yang diimpikannya, dengan telah meluncurnya RCdrive, bisa memberikan peluang berusaha dan kerja sama bagi pengembangan usaha makro dan mikro.

"RCdrive ini hadir dengan menawarkan ketersediaan lapangan pekerjaan sebagai driver, serta memanfaatkan aplikasi untuk berwirausaha dengan berdagang online baik skala kecil hingga besar," ujarnya.

Dikatakannya RCdrive hadir karena motivasi dari dalam dirinya sebagai anak nagari Pesisir Selatan yang ingin membuat terobosan baru, demi kemajuan daerah di bidang teknologi dan memudahkan kebutuhan masyarakat.

Rodi melihat saat ini perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan menuntut dirinya sebagai anak nagari untuk berperan aktif, agar terus dapat berkembang demi kemajuan daerah.

"Di era perkembangan teknologi ini banyak peluang yang bisa diambil. Untuk saat ini saya memilih untuk menjalankan perusahaan untuk transportasi online," ungkapnya.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menyambut baik adanya sebuah perusahaan yang lahir dari anak nagari dengan terobosan yang memang tengah dibutuhkan banyak orang di era sekarang ini.

"Hal ini sebuah langkah monumental untuk mobilitas masyarakat di Pesisir Selatan melalui peluncuran RCdrive, sebuah perusahaan transportasi yang diciptakan untuk menjawab perkembangan teknologi digital yang saat ini berkembang di tengah masyarakat," sebutnya.

Dia menilai terobosan baru tersebut dapat membantu Pemkab Pesisir Selatan dalam membuka lapangan pekerjaan baru, sekaligus mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan dengan mudah dan cepat.

"Kami sebagai pemerintah daerah mengapresiasi tinggi atas inovasi yang dilakukan oleh putra Pesisir Selatan yang sudah membuka lapangan kerja," katanya.

Dia berharap inovasi tersebut dapat menjadi contoh bagi generasi muda lainnya, karena hal tersebut dapat membangun Pesisir Selatan kedepannya.

Menurutnya kehadiran RCdrive membuktikan bahwa Pesisir Selatan tidak kalah dengan daerah lainnya, karena sudah terbukti adanya keberhasilan anak nagari dalam menerobos dan berinovasi pada bidang teknologi.

"RCdrive tidak hanya menawarkan kemudahan dalam memesan transportasi, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat untuk terlibat dalam bisnis ekonomi digital," tutup bupati.

Untuk diketahui, Program RCdrive terdiri dari tiga bagian aplikasi, yaitu aplikasi selaku driver, aplikasi pengguna dan aplikasi selaku mitra. Seiring telah diluncurkan, maka aplikasi RCdrive sudah  bisa diperoleh di unduh di play store.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper