Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Diduga! Gubernur Kepri Resmi Cuti Kampanye, Digantikan Istri Kompetitor

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajukan cuti kampanye kini digantikan oleh Wagub Marlin Agustina yang merupakan istri kompetitornya.
Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Dok Istimewa
Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Dok Istimewa

Bisnis.com, BATAM - Hal yang unik terjadi menjelang Pilkada Kepulauan Riau (Kepri) 2024. Gubernur Kepri, Ansar Ahmad yang kembali ikut ajang ini telah resmi mengajukan cuti buat keperluan kampanye. Ansar mengajukan cuti dari 25 September 2024 hingga 23 November 2024.

Adapun, penggantinya adalah Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina yang juga merupakan istri dari kompetitornya di Pilkada Kepri 2024. 

"Sesuai aturan perundang-undangan, tugas saya akan dijalankan oleh ibu Wakil Gubernur," kata Ansar di Tanjungpinang, Selasa (24/9/2024).

Seperti diketahui, Marlin merupakan istri dari Wali Kota ex-officio Kepala BP Batam Muhammad Rudi, yang menjadi kompetitor Ansar dalam Pilkada nanti. 

Sebelumnya, Marlin banyak digadang-gadang akan menjadi lawan dari Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad di Pilwako Batam 2024. Namun karena tak kunjung mendapat dukungan dari partai politik, ia pun tidak jadi maju.

Sesuai dengan peraturan undang-undang dan tidak terlibat Pilkada, maka Marlin akan menjabat sebagai penjabat sementara (Pjs) Gubernur Kepri hingga Ansar selesai dari cutinya.

Ansar juga mengukuhkan Pjs lainnya di kabupaten dan kota di Kepri. Pejabat yang mendapat mandat yakni Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kepri, Said Nursyahdu yang ditunjuk sebagai Pjs Bupati Lingga. 

Selain itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan Kepri, Rika Azmi dipercaya untuk menduduki posisi Pjs Bupati Natuna. Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Andi Agung diberikan amanah sebagai Pjs Wali Kota Batam.

"Penunjukan ini merupakan amanah besar dari pemerintah. Tugas utamanya adalah memfasilitasi kelancaran penyelenggaraan Pilkada, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota tempat mereka bertugas," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper