Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebakaran di Perbukitan Desa Silalahi Dairi Dekat Danau Toba Telah Padam

BPDB Sumut menyatakan kebakaran di wilayah perbukitan dekat Danau Toba sudah dipadamkan
Kebakaran di Perbukitan Desa Silalahi Dairi Dekat Danau Toba Telah Padam/dokumentasi BPBD Sumut
Kebakaran di Perbukitan Desa Silalahi Dairi Dekat Danau Toba Telah Padam/dokumentasi BPBD Sumut

Bisnis.com, MEDAN - Pusat Pengendalian Operasi, Pengendalian Bencana Badan Pengendalian Bencana Daerah Sumatra Utara (Pusdalops PB BPBD Sumut) menuntaskan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Silalahi Kabupaten Dairi per Sabtu (27/7/2024).

Sebagai informasi, terjadi dua kasus kebakaran di Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi pada Jumat dan Sabtu (26 & 27 Juli 2024), tepatnya di Dusun Rumah Tanggal Desa Silalahi 3 dan Dusun Sitio Tio Desa Silalahi 2.

Kepala BPBD Sumut Tuahta Ramajaya Saragih mengatakan, api yang melahap hutan dan lahan dikedua Dusun berhasil dipadamkan oleh BPBD Dairi dan tim gabungan pada Sabtu (27/7/2024) siang sekitar pukul 12.30 WIB.

"BPBD Kabupaten Dairi melakukan kegiatan pemadaman dengan tim gabungan yang terdiri dari perangkat Desa, Pemadam Kebakaran Kabupaten Dairi, dan Manggala Agni. Per Sabtu, 27 Juli 2024 pukul 12.30 WIB, api sudah padam," kata Tuahta dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (28/7/2024).

Adapun menurut laporan sementara Pusdalops Kabupaten Dairi karhutla di Desa Silalahi 3 terjadi pada Jumat (26/7/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kebakaran yang menimpa hutan dengan vegetasi dominan pinus, anakan kayu, ilalang, dan semak belukar itu semakin meluas, dari semula 10 hektare (Ha) hingga tercatat 50 Ha luas yang terdampak saat api telah padam.

Sementara di Desa Silalahi 2, luas hutan yang terbakar sekitar 2 Ha.

Tuahta mengatakan bahwa kebakaran merambat dan meluas akibat hembusan angin yang cukup kencang. Ditambah lagi, musim kemarau sudah melanda Sumatra Utara yang ditandai dengan suhu udara yang cukup ekstrem beberapa hari belakangan.

BPBD Dairi dan tim gabungan baru berhasil memadamkan api yang melalap Dusun  Rumah Tanggal Desa Silalahi 3 keesokan harinya.

"Proses pemadaman juga mengalami kendala dikarenakan lokasi tempat kejadian tersebut medannya sangat terjal," tuturnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran hutan dan lahan di dua Desa di Kecamatan Silahisabungan Dairi ini.

BPBD Sumut dan BPBD Dairi hingga kini juga menyebut belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. (K68)

Foto: BPBD Dairi

Caption: Proses Pemadaman Karhutla di Desa Silalahi 3 Kabupaten Dairi oleh BPBD Dairi dan Tim Gabungan, Jumat (26/7/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper