Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Event Lari, Tingkatkan Okupansi Hotel di Pekanbaru

Sejumlah hotel di Pekanbaru mengalami lonjakan pesanan kamar hotel.
Okupansi hotel meningkat saat ada event olahraga lari/Foto: Istimewa
Okupansi hotel meningkat saat ada event olahraga lari/Foto: Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU-- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Riau menyatakan saat ini okupansi hotel di daerah itu berada dalam level yang menggembirakan, yaitu di atas 90% bahkan ada yang menyentuh angka 100% alias full booked.

Ketua PHRI Riau, Nofrizal menyebutkan event Riau Bhayangkara Run (RBR) 2024 sukses meningkatkan jumlah kunjungan tamu menginap di hotel-hotel yang ada di Bumi Lancang Kuning.

"Luar biasa efek RBR 2024 ini hunian kamar di hotel-hotel rata-rata 90% khususnya yang ada di sepanjang rute lari, bahkan ada yang 100% dalam beberapa hari ini," ungkapnya Minggu (14/7/2024).

Dia menyebutkan ada hotel yang menyiapkan paket menginap untuk tamu peserta RBR 2024, dimana satu kamar bisa diisi oleh beberapa peserta sekaligus mengingat ramainya jumlah peserta mencapai 10.000 orang.

Hingga kini menurutnya event RBR 2024 menjadi kegiatan s0atu-satunya dalam sport tourism yang paling ramai di Pekanbaru Riau, dan agenda ini patut dicontoh oleh pihak terkait untuk bisa dijadikan event rutin kedepannya.

Meskipun kegiatan ini berbayar, yakni peserta lari 5K membayar Rp170.000, peserta 10K membayar Rp270.000 dan peserta 21K membayar Rp370.000, namun animo masyarakat tetap tinggi dan terbukti 10.000 peserta sudah meramaikan agenda olahraga lari tersebut.

"Harapan kami ini menjadi perhatian pemerintah provinsi dan kabupaten kota bagaimana membuat dan menciptakan agenda wisata skala besar yang berdampak ke banyak sektor termasuk ke penginapan dan UMKM sekitarnya, misalnya nanti dalam waktu dekat HUT Provinsi Riau bisa juga dibuat seperti ini," ujarnya.

Sejumlah hotel di Pekanbaru mengalami lonjakan pesanan kamar hotel. Hal ini dipicu jelang digelarnya kegiatan Riau Bhayangkara Run (RBR) 2024 pada 14 Juli mendatang. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat menyebutkan saat ini tingkat okupansi hotel diprediksi naik ke posisi 97%

"Prediksi okupansi hotel meningkat hingga 97%. Ini terjadi pada H-2 menjelang puncak acara RBR 2024," ujarnya.

Menurutnya peningkatan tingkat okupansi hotel ini menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap event lari yang digagas oleh Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal. 

Rencananya Riau Bhayangkara Run 2024 yang merupakan kegiatan kedua kalinya tersebut, akan digelar pada 14 Juli, dan telah mencatatkan 10.000 peserta yang siap berpartisipasi di jalanan Pekanbaru.

Pada pelaksanaan tahun pertama, terdapat 2.000 peserta yang mendaftar. Melihat tingginya antusiasme masyarakat, Kapolda Riau kembali menggelar acara ini sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Bhayangkara. Jumlah pendaftar tahun ini meningkat drastis hingga mencapai 10.000 orang.

Pada kesempatan berbeda, Irjen Mohammad Iqbal menegaskan bahwa lari bukan hanya sekadar lomba, melainkan sudah menjadi gaya hidup masyarakat yang perlu disediakan wadahnya.

Sebanyak 10.000 peserta telah mendaftar untuk Riau Bhayangkara Run 2024, yang akan memeriahkan HUT ke-78 Bhayangkara. Sebagian besar peserta berasal dari luar Riau, yang semakin menambah semarak acara ini. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper