Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DJKN Kanwil Sumsel Jambi dan Babel Paling Banyak Terima Laporan Terkait Lelang

Banyak yang mempermasalahkan limit lelang yang dianggap terlalu murah. Padahal penetapan limit tersebut bukan ditentukan oleh DJKN, melainkan penjual barang.
Forum Konsultasi Publik 'DJKN Melayani Lebih Baik' di Aula Utama Gedung Keuangan Negara Palembang, Selasa (28/5/2024). Bisnis/Husnul
Forum Konsultasi Publik 'DJKN Melayani Lebih Baik' di Aula Utama Gedung Keuangan Negara Palembang, Selasa (28/5/2024). Bisnis/Husnul

Bisnis.com, PALEMBANG – Kepala Kantor Wilayah Ditjen Kekayaan Negara (DJKN) Sumatra Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung Ferdinan Lengkong menyebut persoalan terbanyak yang diadukan atau dilaporkan oleh satuan kerja pengguna jasa yakni menyangkut lelang

Menurut Ferdinan, banyak yang mempermasalahkan limit lelang yang dianggap terlalu murah. Padahal penetapan limit tersebut bukan ditentukan oleh DJKN, melainkan penjual barang. 

“Misalnya BUMN yang melelang, nah, satuan kerja itu sendiri yang menetapkan limitnya,” katanya, Selasa (28/5/2024). 

Dia menambahkan akses pengaduan berbasis digital juga telah diterapkan melalui berbagai saluran baik itu media sosial, email, telpon langsung maupun saluran yang langsung terhubung ke Kementerian Keuangan. 

Oleh karena itu sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman satuan kerja (satker) pengguna jasa terkait tugas dan fungsi DJKN, pihaknya menggelar forum konsultasi publik dengan mengusung tema “ DJKN Melayani Lebih Baik.” 

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mengetahui isu-isu dari para satker pengguna jasa, serta lebih proaktif dalam melakukan sosialisasi hingga ke masyarakat luas. 

“Kita jadi tahu ternyata masih punya PR untuk lebih banyak melakukan sosialisasi. Misalnya terkait lelang, mereka (pengguna jasa) harus tahu kapan waktunya menyetor uang jaminan, mengambil uang jaminan atau kapan waktunya membayar lunas,” jelasnya. 

Plt Kepala Bidang Piutang Negara DJKN Sumatra Selatan, Jambi dan Bangka Belitung, Koko menyampaikan data piutang per 2022 Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan meliputi piutang retribusi Rp1,74 miliar, piutang pendapatan lain yang sah Rp1,63 miliar dan piutang lainnya Rp1,1 miliar. 

Sementara Pemerintah Kota Palembang meliputi piutang retribusi Rp2.99 miliar, piutang pendapatan lain yang sah Rp70 juta, dan piutang lainnya Rp1,73 miliar. 

“Terkait piutang itu sebenarnya mereka kesulitan karena sumber data tidak jelas. Biasanya warisan piutang lama jadi tidak ada keterangan jenis piutang maupun utang itu terkait apa,” ungkapnya. 

Untuk itu kedepannya, kata Koko, pihaknya telah menyarankan para satker pengguna jasa agar dapat melakukan penataan dan dokumen sumbernya dipelihara secara baik. 

“Sehingga kedepan waktu menagih itu ketahuan nanti ditagihnya kesini, kesini,” tegasnya. 

Dia menerangkan hal yang terpenting dalam pengelolaan piutang yakni berproses dan berprogres. Artinya para instansi terkait melakukan upaya penagihan maupun penghapusan jika utang sudah bertahun-tahu. 

“Walaupun misalnya nanti debitur atau penanggung utang tidak ketemu tidak masalah sepanjang ada upaya dari pihak PMK itu untuk menagihnya. Intinya ada upaya serius untuk penagihan baik melalui DJKN jika nilai piutang diatas Rp8 juta atau secara mandiri jika nilainya dibawah Rp8 juta,” pungkasnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper