Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiket Murah Dorong Minat Pengguna Kereta Api di Sumbar

Sampai September 2024, KAI melayani 1.341.526 penumpang meningkat 8% dibanding periode yang sama tahun 2023 yakni 1.237.899 penumpang.
Kereta Stainless Steel New Generation dari PT KAI./ Dok. KAI
Kereta Stainless Steel New Generation dari PT KAI./ Dok. KAI

Bisnis.com, PADANG — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatra Barat menorehkan kinerja positif pada angkutan penumpang selama kurun Januari sampai dengan September 2024.

Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatra Barat, M. As’ad Habibuddin mengatakan pada periode tersebut KAI melayani 1.341.526 penumpang kereta api, dan meningkat 8% dibanding periode yang sama tahun 2023 yakni 1.237.899 penumpang.

"Melihat adanya kabar baik ini, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan," katanya, Senin (7/10/2024).

Dia merinci untuk kereta api angkutan penumpang pada periode Januari sampai dengan September 2024, mulai dari KA Pariaman Ekspres (Pauh Lima Padang – Naras) sebanyak 1.040.476 penumpang.

Kemudian KA Minangkabau Ekspres (Pulau Air – Padang – BIM pp) sebanyak 213.725 penumpang, dan KA Lembah Anai (Kayu Tanam – BIM) sebanyak 87.325 penumpang.

Sedangkan khusus di bulan September 2024, KAI Divre II Sumbar mengangkut 140.274 penumpang atau meningkat 3% dibandingkan periode Agustus 2024 sebanyak 135.731 penumpang.

Menurutnya peningkatan volume penumpang tersebut ditunjang oleh berbagai faktor, salah satunya adanya sejumlah rombongan dari instansi sekolah, pengajian, dan sebagainya. Di samping itu, minat masyarakat menggunakan kereta api juga semakin meningkat karena kereta api menawarkan kenyamanan dengan harga yang murah.

"Tiket kereta api di Sumbar terbilang murah. Makanya keberadaan kereta api dapat pilihan untuk bepergian dari Padang ke Padang Pariaman, maupun dari Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau," ujarnya.

Selain itu KAI Sumbar juga mencatat terdapat lima stasiun favorit yang paling banyak melayani penumpang untuk naik-turun KA yaitu Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Air Tawar, Stasiun Naras, dan Stasiun BIM. Dari sisi ketepatan waktu keberangkatan ataupun kedatangan kereta api penumpang di Divre II Sumbar, juga mengalami peningkatan performa.

Dimana untuk tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api penumpang mencapai 99,81% atau meningkat dibanding Januari sampai dengan September 2023 yakni 99,47%.

Adapun tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta api penumpang pada Januari sampai dengan September 2024 mencapai 99,34%, meningkat dibanding Januari sampai dengan September 2023 yakni 99,10%.

Dia mengatakan perbaikan performa ketepatan waktu kereta api ini diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana. "Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh penumpang," sebutnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper