Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumbar Kini Punya Hotel Berkonsep Syariah yang Diawasi MUI

Hotel Mangkuto telah melakukan banyak perubahan untuk memenuhi 86 kriteria menjadi hotel syariah, dan hotel itu juga berada di bawah pengawasan MUI Sumbar.
Ilustrasi Hotel/Freepik
Ilustrasi Hotel/Freepik

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mengapresiasi upaya Hotel Mangkuto karena menjadi hotel pertama di Ranah Minang yang memiliki konsep syariah.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan Hotel Mangkuto telah melakukan banyak perubahan untuk memenuhi 86 kriteria menjadi hotel syariah, dan hotel itu juga berada di bawah pengawasan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar.

"Hotel Mangkuto telah memperoleh sertifikat dari Dewan Syariah Nasional (DSN), dengan memenuhi 86 kriteria syariah yang ditetapkan. Jadi hotel itu merupakan hotel syariah pertama di Sumbar yang sudah mendapatkan sertifikasi resmi dari DSN," katanya, Senin (23/9/2024).

Dengan telah adanya hotel syariah di Sumbar, Mahyeldi berharap, ke depan hotel-hotel lainnya yang  ada di Sumbar juga dapat mengikuti jejak Hotel Mangkuto dan beralih ke konsep syariah. 

Dia melihat dengan adanya kehadiran hotel tersebut sangat selaras dengan konsep pariwisata halal yang sudah diatur dalam peraturan daerah, dan sangat sesuai dengan filosofi masyarakat Sumbar yang berpedoman pada Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

"Sumbar memiliki potensi besar dengan wisata halal, hotel halal, makanan halal, serta industri halal. Harapan kami, Hotel Mangkuto Syariah bisa menjadi pembuka jalan bagi hotel-hotel lain untuk mengadopsi konsep yang sama," ujar Mahyeldi.

Ketua MUI Sumbar Gusrizal Gazahar menegaskan bahwa hotel dengan konsep syariah merupakan bagian penting dari pengembangan pariwisata halal di Ranah Minang.

Dia menjelaskan bahwa fasilitas seperti hotel dan restoran yang mengikuti prinsip syariah sangat mendukung keberhasilan wisata halal.

"Kami berharap Hotel Mangkuto bisa menjadi contoh bagi hotel lainnya, sehingga pariwisata halal di Sumbar bisa semakin maju," katanya.

Sementara itu, Direktur Hotel Mangkuto Syariah Perdana Agusta menambahkan bahwa hotel ini telah berkomitmen menerima tamu yang sesuai dengan syarat syariah. 

"Salah satu aturan yang diterapkan adalah tamu berpasangan yang menginap harus merupakan pasangan suami istri yang sah, dan dapat menunjukkan dokumen resmi terkait pernikahan tersebut," jelasnya.

Kemudian soal pelayanan dan makanan yang disiapkan juga dipastikan halal. Sehingga bagi wisatawan yang memilih Hotel Mangkuto Syariah, akan mendapatkan kenyamanan serta akan mendapatkan kesan yang menyenangkan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper