Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Evaluator Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj. Bupati Muba

Kemendagri kembali melakukan penilaian terhadap kinerja Pj. Bupati Muba Sandi Fahlepi di Jakarta, Selasa (22/10/2024).
Kemendagri kembali melaksanakan Penilaian Evaluasi kinerja Pejabat Kepala Daerah Triwulan II Periode ke-2 Agustus-Oktober 2024 terhadap kinerja Pj. Bupati Muba Sandi Fahlepi di Kantor Inspektorat Jenderal Kemendagri, Jakarta, Selasa (22/10/2024)./Istimewa
Kemendagri kembali melaksanakan Penilaian Evaluasi kinerja Pejabat Kepala Daerah Triwulan II Periode ke-2 Agustus-Oktober 2024 terhadap kinerja Pj. Bupati Muba Sandi Fahlepi di Kantor Inspektorat Jenderal Kemendagri, Jakarta, Selasa (22/10/2024)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali melakukan penilaian terhadap kinerja Pj. Bupati Musi Banyuasin (Muba) Sandi Fahlepi di Kantor Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

“Secara keseluruhan kinerja Pak Sandi Fahlepi sudah sangat baik semua unsur. Sebagian besar program bisa diatasi dan dijalankan dengan baik, salah satunya penanganan inflasi dan langkah konkret memberikan kemudahan untuk berinvestasi,” ungkap Inspektur I Inspektorat Jenderal Kemendagri Rustam Mansyur saat pelaksanaan Penilaian Evaluasi Kinerja Pejabat Kepala Daerah Triwulan II Periode ke-2 Agustus-Oktober Tahun 2024.

Menurutnya, implementasi kebijakan untuk mempermudah investasi dapat menjadi legacy yang sangat baik demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Muba.

“Saya sangat apresiasi inovasi yang sudah diterbitkan Pak Sandi dalam kemudahan berinvestasi di Muba, ini akan menjadi track record yang sangat baik,” jelasnya.

Selain itu, koordinasi dan sinergi yang dilakukan Pj Bupati dengan FKUB dan Forkopimda dalam upaya menjaga kondusivitas wilayah berjalan baik.

“Terus pertahankan upaya-upaya ini dan terus memaksimalkan sinergi bersama FKUB dan Forkopimda demi menjaga kondusivitas daerah,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Inspektur Khusus Inspektorat Jenderal Kemendagri Kusna Heriman. Ia mengatakan, penanganan inflasi di Muba sangat baik dan menyajikan data yang sudah bagus.

“Secara umum sudah lumayan, terus maksimalkan program yang sudah berjalan, terutama upaya penanganan inflasi dan stunting,” katanya.

Ia meminta, agar Pj Bupati Muba juga memaksimalkan edukasi dan sosialisasi pencegahan informasi hoaks yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan di Muba saat Pilkada mendatang.

“Ini sangat penting untuk menjaga keamanan wilayah dan meminimalisir konflik yang tidak diinginkan,” ujarnya.

PPUPD Ahli Utama Itjen Kemendagri Azwan mengatakan di sisa beberapa bulan lagi jabatan ini, diharapkan Pj Bupati Muba terus meningkatkan kinerja demi kepentingan masyarakat Muba.

“Tetap maksimalkan kinerja di sisa masa jabatan ini dan tingkatkan performa pelayanan publik di Kabupaten Muba,” tegasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Sandi Fahlepi mengucapkankan terima kasih kepada para evaluator Itjen Kemendagri yang sangat membantu Pemkab Muba dalam memberikan masukan untuk mengimplementasikan program-program.

“Kami sangat berterima kasih atas masukan yang selama ini diberikan kepada kami. Selama ini Tim Evaluator Itjen Kemendagri sangat membantu Pemkab Muba,” tuturnya.

Sandi menambahkan bahwa Pemkab Muba akan terus meminta masukan kepada Itjen Kemendagri agar benar-benar dapat menjalankan program pemerintahan yang tepat dan berdampak kepada masyarakat.

Bukti kinerja telah diakui nasional antara lain penghargaan sebagai kabupaten dengan penilaian kinerja stunting terbaik nomor 1 Provinsi Sumatra Selatan pada 25 September 2024 di Palembang. Kemudian, angka kemiskinan Kabupaten Musi Banyuasin pada 2023 sebesar 14,90%, sedangkan pada 2024 sebesar 12,88% atau mengalami penurunan sebesar 2,02%. Penurunan ini merupakan penurunan terbesar ke-4 secara nasional dan penurunan terbesar pertama di Pulau Sumatra.

“Apa yang sudah dilakukan Pemkab Muba hingga saat ini tentu tidak terlepas dari support dan masukan dari Tim Evaluator Itjen Kemendagri,” ujar Sandi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper